Lampungnist

Terkini dan Terpercaya

Selan Buka Pelatihan TTG


(Lampungnist.com)-Dalam proses pembangunan harus melibatkan masyarakat mulai dari proses tahapan perencanaan, pelaksanaan sampai evaluasi. Dimana pada tahun 2020 mendatang, selain dukungan pendanaan untuk kelurahan, Pemerinta juga megalokasikan anggaran untuk penghasilan tetap perangkat desa agar kinerja dan kualitas pelayanan penyelenggaraan Pemeritahan Desa meningkat.

Hal tersebut disampaikan oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Selan, S.Sos.,M.M didampingi Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Akhmad Odany, S.H saat membuka pelatihan Teknologi Tepat Guna (TTG) Kabupaten Way Kanan Tahun 2019 di Aula STIT Al-Hikmah Kampung Pisang Baru Kecamatan Bumi Agung, Selasa (15/10).

Turut hadir pada acara tersebut Kepala dan unsur Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kampung, Dinas Komunikasi dan Informatika, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Camat Bumi Agung Andrey Awiya, S.STP., M.H serta para pelaku UMKM e-Kabupaten Way Kanan.

Membacakan sambutan Bupati H. Raden Adipati Surya, S.H.,M.M, Selan mengatakan, Penggunaan Dana Desa tersebut akan lebih ditingkatkan untuk pemberdayaan masyarakat desa dan pengembangan potensi ekonomi desa, sehingga dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan dan taraf hidup masyarakat desa serta diharapkan dapat mendorong inovasi dan entrepreneur baru, sehingga produk-produk lokal yangn dimiliki oleh setiap desa dapat dipasarkan secara nasional bahkan global melalui market place. Sehingga Program Pengembangan Ekonomi Pedesaan, dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di Desa melalui pemanfaatan dana desa secara lebih berkualitas dan strategi

Selan juga mengingatkan kepada para peserta yang hadir agar tidak terlalu puas atas banyak kemajuan yang telah dicapai karena masih banyak pula ketertinggalan yangn harus terus dikejar dari daerah-daerah lain yang sudah lebih maju.

Selan yang merupakan salah seorang Alumni Terakhir APDN Tanjung Karang ini juga menyampaikan bahwa secara umum tujuan Bimbingan Teknis Manajemen Badan Usaha Desa (BUMDes) dan Pelatihan Kelompok Binaan Teknologi Tepat Guna (TTG) tersebut diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan secara partisipatif dan merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Desa agar lebih mengembangkan Usaha Ekonomi Desa dalam peningkatan produktifitas dan kesejahteraan masyarakat.

Atas Nama Pemkab Way Kanan  Asisten 1 ini juga berharap kepada oeserta Bimtek agar dapat mengatur dan mengurus kepentingan masyarakatnya secara efektif, guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat kampung,  Sebab tujuan penyaluran dana besar bagi pemerintahan desa dimaksudkan sebagai langkah dan upaya pemerintah dalam mengimplementasikan salah satu program Nawacita yaitu membangun Indonesia dari pinggiran.

Dalam kegiatan tersebut juga dilakukan penyerahan Kotak Sampah Pintar hasil inovasi yang telah dibuat oleh Tim Robotik Al-Hikmah Pisang Baru yang sudah mengikuti serta tampil pada Gelar Teknologi Tepat Guna Tingkat Nasional di Provinsi Bengkulu pada Bulan September lalu.

Kegiatan TTG diselenggarakan dengan sasaran utama yaitu Pengembangan Usaha Ekonomi di Pedesaan dan Kelompok Binaan Teknologi Tepat Guna di Way Kanan dengan tujuan meningkatkan peran pernumbuhan dan pengembangan ekonomi pedesaan dalam Bidangn Usaha Ekonomi Pedesaan yaitu BUMKam serta meumbuhkembangkan Kelompok Binaan dan Penambahan Inovasi terbaru TTG di Pedesaan.

Kegiatan diikuti 150 peserta dari BUMKam Kelompok Binaan TTG Tahun 2019 dengan narasumber Perwakilan BPKP Provinsi Lampung, Tenaga Ahli Madya KPW.II Provinsi Lampung, Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Way Kanan, Team Robotik Al-Hikmah serta unsur Dinas PMK Kabupaten Way Kanan. (Romy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *