Lampungnist

Terkini dan Terpercaya

Peringatan HUT Kartini Ke 143 Tingkat Kabupaten Way Kanan

(Way Kanan) – Puncak Peringatan Hari Kartini ke-143 tahun 2021 tingkat kabupaten Way Kanan dilaksanakan di Gedung Serba Guna Pemkab setempat, Selasa, (27/04)

Turut hadir dalam acara tersebut Anggota Forkopimda Kabupaten Way Kanan, Sekda, Staf Ahli Bupati, Para Asisten, Kepala Badan, Dinas, Kantor dan Kepala Bagian di lingkungan Pemerintah Kabupaten Way Kanan,

Turut hadir juga, Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Way Kanan beserta jajarannya, Wakil Ketua Tim Penggerak PKK, Ibu-ibu Ketua Organisasi Wanita se- Kabupaten Way Kanan.

Dalam sambutannya Bupati Waykanan Raden Adipati Surya mengajak semua Kartini di Kabupaten untuk belajar dari sejarah perjuangan Kartini dan menjadikan Peringatan Hari Kartini hari ini merupakan moment penting dalam rangka meningkatkan semangat untuk perjuangan kesetaraan gender dan kemajuan perempuan secara umum. Peringatan Hari Kartini juga menjadi cambuk pengingat bagi seluruh bangsa Indonesia agar terus memperjuangkan upaya menekan tindak kekerasan terhadap perempuan dan anak, dan ketidaksetaraan atau ketimpangan relasi laki-laki dan perempuan

Ketimpangan dan kurangnya peran serta perempuan dan rendahnya Kualitas Hidup Perempuan (KHP), masih kata Adipati,  secara umum mengakibatkan lambatnya keberhasilan dalam Pembangunan Nasional. Kemajuan perempuan sebagai prasyarat pengingkatan kualitas manusia Indonesia karena : a. separuh pendudukan adalah perempuan jika kualitasnya buruk, maka keseluruhan kualitas manusia rendah, b) perempuan adalah bagian keluarga yang menentukan kualitas generasi penerus, c) potensi perempuan sangat besar, harus di beri ruang dan peluang yang besar agar kontribusinya maksimal, d) perempuan dan laki-laki mempunyai potensi pada bidang-bidang yang saling melengkapi.

Sejalan dengan hal tersebut Pemerintah Daerah Kabupaten Way Kanan akan mensosialisasikan apa yang di sebut Three Ends , yaitu akhiri kekerasan terhadap perempuan dan anak, akhiri perdagangan manusia dan akhiri Kesenjangan ekonomi bagi perempuan, ujar Adipati.

Diakhir sambutannya Adipati berharap Semoga kegiatan hari ini dapat menginspirasi para peserta untuk terus memperjuangkan keadilan dan kesetaraan bagi perempuan, dan meningkatkan kiprahnya dibidang politik dan pengambilan keputusan melalui dukungan politik bagi terselenggarakan program Pengarusutamaan Gender (PUG) di Kabupaten Way Kanan.(Romy).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *