Lampungnist

Terkini dan Terpercaya

KUA PPAS 2021, Pendapatkan Way Kanan Direncanakan Naik 9.34%


(lampungnist.com)-Seusai rapat paripurna pengesahan laporan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD 2020, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kembali menggelar Rapat Paripurna dengan agenda Penyampaian Rancangan KUA-PPAS Kabupaten Way Kanan Tahun Anggaran (TA) 2021 bertempat di Ruang Rapat Paripurna DPRD kabupaten setempat Rabu (29/07).
Turut hadir dalam Rapat Paripurna tersebut Bupati Way Kanan H. Raden Adipati Surya, S.H.,M. Di ketua dan para Wakil Ketua dan Anggota.DPRD.

Rapat paripurna juga dihadiri Wakil Bupati Way Kanan Anggota Forkopimda, Sekda, Staf Ahli, Para Asisten, Inspektur, Sekretaris Dewan, Kepala Badan, Kepala Dinas, Kepala Kantor, Kepala Bagian, Camat se-Kabupaten Way Kanan, Ketua Tim Penggerak PKK, Ketua Dharma Wanita, dan Ketua Gabungan Organisasi Wanita Kabupaten Way Kanan.

Dalam sambutannya pada Rapat Paripurna Bupati Way Kanan mengucapkan terima kasih dan apresiasi yang tak terhingga kepada DPRD Kabupaten Way Kanan yang telah berkenan mengagendakan Rapat Paripurna ini, dalam rangka penyampaian KUA-PPAS Tahun 2021 yang merupakan agenda rutin tahunan ini.

Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2021 masih kata Adipati, merupakan acuan dalam penyusunan rancangan APBD Kabupaten Way Kanan  Tahun Anggaran 2021. Kebijakan Umum Anggaran (KUA) dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara (PPAS) Tahun Anggaran 2021 ini disusun berdasarkan Dokumen Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Way Kanan Tahun 2021.

Adipati juga mengatakan, Saat ini negara di dunia termasuk Indonesia sedang menghadapi tantangan yang paling berat dan membawa perubahan bagi kehidupan kita sehari-hari, karena PandemiCOVID-19 ini telah berdampak pada kegiatan perekonomian secara nasional, termasuk pada pelaksanaan program-program pembangunan di Kabupaten Way Kanan.

Turunnya daya beli masyarakat adalah dampak nyata bahwa pandemi ini menjadi tujuan kita bersama untuk membuat berbagai kebijakan berdasarkan belanja prioritas yang akan difokuskan pada pemulihan ekonomi, sosial dengan tetap memprioritaskan kesehatan masyarakat, jelas Adipati lagi.
Secara ringkas Raden Adipati Surya menyampaikan KUA-PPAS APBD Tahun Anggaran sebagai berikut, yang Pertama Pendapatan Daerah secara total tahun 2021 direncanakan sebesar Rp.1,367 Triliun yaitu mengalami peningkatan sebesar 9,34 persen dari Tahun 2020 disebabkan karena menyesuaikan dengan kondisi Perekonomian Nasional.

Yang kedua Belanja secara umum belanja daerah tahun 2021  dialokasikan sebesar Rp.1,305 Triliun atau terjadi penyesuaian dari belanja daerah tahun 2020 sebesar 7,32 persen.

Yang ketiga Pembiayaan dari sisi penerimaan pembiayaan Tahun 2021 dianggarkan sebesar  Rp.5 Milyar bersumber dari sisa lebih perhitungan anggaran tahun anggaran sebelumnya, sedangkan pengeluaran pembiayaan tahun 2021 dianggarkan sebesar Rp.67,4 Milyar.

Adipati juga berharap dalam pembahasan KUA-PPAS Tahun 2020 dapat diteliti, dibahas dan disepakati bersama.

Rapat paripurna diakhiri dengan penyerahan naskah KUA PPAS dari Bupati Way Kanan kepada pimpinan DPRD. (Romy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *