Lampungnist

Terkini dan Terpercaya

Hendak Bongkar Rumah, 4 Tersangka Curat Diamankan


(lampungnist.com) – Anggota Polsek Buay Bahuga Polres Way Kanan mengamankan tersangka tindak pidana Curat (Pencurian dengan Pemberatan) yakni membobol rumah salah satu warga di Kampung Mulyo Harjo Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan.

Adapau tersangka yang berhasil diamankan berinisial HR (32), ZA (29), SP (25) dan AS (27) ke empatnya merupakan warga Muncak Kabau Kabupaten Oku Timur Provinsi Sumatera Selatan.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Way Kanan AKBP Binsar Manurung, SH, S.IK, M.Si melalui Kapolsek Buay Bahuga Iptu Akmaludin, di Mapolres setempat, Senin (17/08).

Kapolsek buay bahuga menjelaskan, Kronologis peristiwa terjadi pada hari Jum’at tanggal 15 Agustus 2020 sekitar pukul 04.00 WIB telah terjadi percobaan Pencurian di rumah Deden Alkindo yang beralamatkan Kampung Mulyo Harjo Kecamatan Bumi Agung Kabupaten Way Kanan.

Modus yang digunakan pelaku yaitu dengan cara mencongkel jendela rumah korban, namun  pada saat pelaku mencongkel diketahui oleh korban yang hendak sholat subuh, dan mendengar ada suara mencongkel jendela depan setelah pelaku masuk lalu mematikan lampu depan rumah, Jelas Iptu Akmaludin

Mengetahui itu, korban lansung membuka pintu rumah dan berteriak, memberitahu tetangga sekitar untuk meminta pertolongan. Sehingga warga lansung mengejar ke empat pelaku dan berhasil mengamankan pelaku dan korban melaporkan kejadian tersebut ke Polsek Buay Bahuga, jelas Iptu Akamaludin lagi.

“Selanjutnya tersangka dan sejumlah barang bukti berupa 3 ( tiga ) bilah senjata tajam jenis badik, 1  (satu) buah kunci Leter T,  6 (enam) buah mata Kunci Leter T,  2 (dua)  buah linggis kecil dan 2 (dua) unit Sepeda motor Yamaha Bison dan Yamaha R-15 akhirnya dibawa dan diamankan ke Polsek Buay Bahuga untuk dilakukan penyelidikan lebih lanjut”, Ujar Kapolsek Buay Bahuga.

‘Atas perbuatannya  tersangka dapat dijerat dengan pasal Pasal 363 Jo 53 KUHP dan Pasal 2 Ayat (1) UU Darurat No. 12 Tahun 1951 tentang percobaan Pencurian dengan pemberatan dan barang siapa membawa senjata tajam tanpa hak dengan maksimum pidana pokok terhadap kejahatan, dalam hal percobaan dikurangi sepertiga,” Pungkas Iptu Akmaludin. (Romy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *