Lampungnist

Terkini dan Terpercaya

Festifal Kopi Lampung, Petani Kopi Way Kanan Raih Juara 1 Lomba Cerdas Cermat


(Lampungnist.com)-Tupoksi yang ditangani oleh Dinas perkebunan dalam pengembangan komoditas kopi yang ada saat ini terbatas pada sektor hulu.

Yang dimaksud dengan sektor hulu yaitu mulai dari pemilihan bibit komoditas, pemetikan hasil panen, sampai kepada penanganan pasca panen hingga pengolahan kopi masak sampai menjadi Green Bean / beras kopi.

Hal tersebut dijelaskan kepala Dinas Perkebunan kabupaten Way Kanan Arifin, S.Sos saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (14/11)

Arifin menerangkan, saat ini banyak produk kopi asli Way Kanan yang merupakan binaan dari Pemda Way Kanan melalui dinas instansi terkait seperti Dinas Perkebunan, Dinas Koperasi dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan.

Alumni STPDN Angkatan Ke 2 ini juga menambahkan, Pembinaan yang dilakukan mulai dari teknis maupun non teknis seperti mencari Pangsa pasar produk kopi yang telah dihasilkan oleh kelompok tani binaan yang ada.

Dalam hal merk kopi yang menjadi andalan Kabupaten Way Kanan, terus Arifin, Pemda Way Kanan juga sepakat, untuk merk kopi silahkan kelompok tani yang ada pakai nama merk kopi apasaja, akan tetapi, mereka tetap harus mencantumkan nama Kopi Robusta Way Kanan diatas sebelum merk kopi mereka.

Pembinaan yang dilakukan Dinas Perkebunan Kabupaten Way Kanan terhadap petani kopi juga bekerjasama dengan Bank Indonesia (BI) dan juga lembaga SCOPI yaitu Suistanable Cofee Platform Of Indonesia yaitu sebuah organisasi Nirlaba yang tergabung dalam bentuk Asosiasi untuk pelaku pasar di sektor Kopi dan pemangku kepentingan yang peduli dengan pengembangan Kopi di Indonesia.

Prestasi yang sudah dihasilkan dari pembinaan yang telah dilakukan selama ini, masih. Kata Kadis Perkebunan Kabupaten.Way Kanan ini, Petani Kabupaten Way Kanan meraih juara terbaik 1 dalam Festifal Kopi Lampung tahun 2019 yang baru saja dilaksanakan dalam lomba Cerdas Cermat Petani Kopi yang berlangsung di Bandarlampung dari tanggal 6-9 November 2019 jelas Arifin.(Romy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *