Lampungnist

Terkini dan Terpercaya

Anang ; PIM RT Salah Satu Tupoksi Diskes WK


(Lampungnist.com)-Kegiatan pengawasan industri makanan rumah tangga bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada para pelaku industri rumah tangga dalam hal memilih bahan baku yang aman, cara pengolahan dan pengemasan yang benar, serta cara mengatasi gangguan kontaminasi pada produk makanan.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan  Anang Risgiyanto, S.KM. M.Kes saat ditemui di ruang kerjanya Kamis (22/08)
Lebih lanjut Anang menerangkan, Bahwa produk makanan tidak dapat sembarangan dijual kepada konsumen tanpa adanya izin yang menyatakan bahwa makanan tersebut aman untuk dikosumsi oleh masyarakat.

P-IRT adalah izin untuk industri skala rumahan atau usaha makanan berskala kecil, dengan memiliki izin P-IRT produk makanan yang dipasarkan telah melewati berbagai tahap uji sehingga benar-benar aman untuk dikonsumsi masyarakat, dan bagi pelaku usaha menjadi nilai tambah tersendiri karena produknya tidak akan lagi diragukan oleh konsumen. Jelas Anang lagi.

sebagai salah satu pihak berwenang yang bertanggung jawab dalam pengawasan produk makanan, masih kata mantan kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Way Kanan ini, Dinas Kesehatan juga melakukan pengawasan dan pembinaan Pangan Industri Rumah Tangga (PIRT) ke sejumlah industri rumah tangga yang ada di Kabupaten Way Kanan.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Way Kanan, Anang Risgiyanto, S.KM, M.Kes., kembali menerangkan, Pengawasan juga dilakukan terhadap kebersihan di dalam dan lingkungan sekitar tempat produksi, ketersediaan air bersih, dan ventilasi udara,  sehingga dapat memenuhi standar keamanan pangan untuk dikonsumsi.

Anang juga menambahkan bahwa tidak semua produk makanan dari sektor skala kecil bisa mendapatkan izin P-IRT, diantaranya yang tidak termasuk dalam izin P-IRT  adalah produk susu dan hasil olahannya, daging, ikan, unggas dan lainnya yang butuh proses penyimpanan beku, air minum dalam kemasan, makanan bayi, makanan kaleng, dan minuman beralkohol. (Romy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *