Lampungnist

Terkini dan Terpercaya

Adipati Inspektur Upacara Hari Santri Tingkat Kabupaten Way Kanan


(Lampungnist.com)-Sejak Hari Santri ditetapkan pada Tahun 2015, selalu diselenggarakan peringatan setiap tahunnya dengan tema yang berbeda, dan pada Tahun 2019 ini Peringatan Hari Santri mengusung tema Santri Indonesia untuk Perdamaian Dunia.

Hal tersebut disampaikan Bupati Way Kanan H.Raden Adipati Surya saat menjadi Inspektur Upacara puncak peringatan hari santri tingkat kabupaten tersebut yang langsung di lapangan kampung Bumi Baru, Selasa (20/10).

Turut hadir dalam acara tersebut Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, para Staf Ahli Bupati dan para Asisten Sekda kepala dan unsur Perangkat Daerah Kabupaten, Instansi Vertikal, Pengurus Korpri dan Pimpinan Kecamatan Blambangan Umpu .

Bupati Way Kanan Raden Adipati  Surya dalam sambutannya membacakan sambutan tertulis Sekretaris Jenderal M. Nur Kholis Setiawan atas nama Menteri Agama Republik Indonesia mengatakan bahwa penetapan tanggal 22 Oktober merujuk pada tercetusnya Resolusi Jihad yang berisi fatwa kewajiban berjihad demi mempertahankan Kemerdekaan Indonesia, yang kemudian melahirkan peristiwa heroik tanggal 10 Nopember 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Dalam sambutan tersebut juga disampaikan Bupati Way Kanan ini, bahwa setidaknya ada sembilan alasan dan dasar mengapa pesantren layak disebut sebagai laboratorium perdamaian, yaitu pertama karena kesadaran harmoni beragama dan berbangsa, metode mengaji dan mengkaji, para santri biasa diajarkan untuk khidmah atau pengabdian, selanjutnya yang keempat pendidikan kemandirian, kerja sama dan saling membantu di kalangan santri. Gerakan komunikasi seperti kesenian dan sastra tumbuh subur dipesantren.

“Adapun alasan yang Keenam adalah Lahirnya beragam kelompok diskusi dalam skala kecil maupun besar untuk membahas hal-hal remeh sampai yang serius, ketujuh merawat khazanah kearifan lokal, kedelapan prinsip maslahat yang merupakan pegangnan yang sudah tidak bisa ditawar lagi oleh kalangan pesantren serta yang kesembilan adalah penanaman spiritual”, lanjutnya.

Pada acara tersebut juga dilakukan penyerahan Piala kepada para pemenang Lomba dalam Rangka Perkemahan Santri Peringatan Hari Santri Nasional Tahun 2019 Tingkat Kabupaten Way Kanan dengan kategori Tilawah Putra, Tilawah Putri, Tahfidz 1 Juz Putra, Tahfidz 1 Juz Putri, Syubbanul Wathan, Mars Santri, Hadroh serta Syarhil Qur’an. (Romy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *