Lampungnist

Terkini dan Terpercaya

40 Anggota DPRD Way Kanan Ucapkan Sumpah Janji


(Lampungnist.com)-Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Way Kanan melakukan rapat paripurna istimewa dengan agenda pengucapan sumpah /janji anggota DPRD Kabupaten Way Kanan masa jabatan 2019-2024 yang berlangsung di ruang rapat utama DPRD kabupaten setempat Senin (19/08).

Pengucapan sumpah/ janji anggota DPRD Kabupaten Way Kanan dilakukan oleh ketua pengadilan negeri Kabupaten setempat Idi Il Amin SH MH.

Seusai pengusaha pengucapan sumpah janji anggota DPRD Kabupaten Way Kanan dilakukan penyematan PIN anggota DPRD Way Kanan oleh ketua pengadilan negeri kepada perwakilan 40 anggota dewan yang diwakili oleh Yusee dari Partai Nasdem dan Nengah Putre dari Partai Hanura.

Turut hadir dalam acara pengucapan sumpah janji anggota DPRD Way Kanan, Bupati dan Wakil Bupati Way Kanan, Unsur Forkopimda Kabupaten Way Kanan, Beserta istri, tokoh masyarakat dan Agama serta Ormas dan OKP Se-Kabupaten Way Kanan.

Dalam sambutannya Gubernur Lampung Ir.H.Arinal Djunaedi yang dibacakan Bupati Way Kanan H Raden Adipati Surya SH MM mengatakan, Rapat Paripurna DPRD dengan agenda khusus pengucapan sumpah / janji anggota DPRD Kabupaten/ Kota hasil Pemilihan Umum Tahun 2019, merupakan puncak dari seluruh rangkaian proses pelaksanaan Pemilihan Umum anggota DPRD Kabupaten/ Kota yang secara filosofis berkedudukan sebagai suatu sarana demokrasi yang dimaksudkan untuk mempresentasikan kedaulatan rakyat dalam tatanan pemerintahan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila.
Demikian pula halnya, Pemilihan Umum anggota DPRD, pada hakekatnya merupakan manifestasi dari konsensus nasional yang telah dikodifikasikan dalam hukum dasar negara, yakni Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Hal ini menjadi penting
Salam kesempatan yang berbahagia ini, pemerintah menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh masyarakat Lampung yang telah menggunakan Hak Konstitusionalnya di dalam pemungutan suara pada tanggal 17 April 2019 yang lalu.
Pemilu Tahun 2019 telah menghadirkan wajah-wajah baru, tidak terkecuali bagi DPRD Kabupaten/ Kota, yang baru pertama kali terpilih mencapai kisaran 50%., hal ini juga diikuti dengan beragamnya latar belakang profesi anggota DPRD terpilih, yang tidak hanya berasal dari kalangan politisi semata.DPRD Kabupaten/Kota adalah lembaga legislatif yang menjadi representasi dari seluruh rakyat. Hal ini terwujud setelah rakyat
UU Nomor 42 tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD, terdapat 3 (tiga) fungsi yang dimiliki oleh DPRD, yakni fungsi legislasi, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan. Artinya bersama dengan unsur penyelenggara pemerintahan daerah lainnya.

Duduk sebagai ketua sementara Partai Pemenang Pemilu Nomor 1 Dari Partai Demokrat Nikman dan Partai Pemenang nomor 2 Yusee.

Dari 40 anggota dewan yang baru saja mengucaokan simpah janji jabatan, terdapat 23 anggota dewan yang baru dan 17 anggota dewan periode sebelumnya.(Romy)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *